Langsung ke konten utama

Pegantar Arsitektur Komputer



       Dalam bidang teknik komputer, Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras dll. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur Von Neumann,CISC,RISC, Blue Gene, dll.
atau juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
          Istilah Lain adalah, sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur komputer memeberikan informasi sebagai berikut.
  1. Set instruksi
  2. Format instruksi
  3. Kode operasi
  4. Jenis-jenis operand
  5. Mode-mode pengalamatan operand
  6. Register
  7. Main memory space utilization (memory map)
  8. Alokasi ruang I/O (I/O map)
  9. Pengerjaan/penetapan interupsi dan prioritas
  10. Pengerjaan kanal-kanal DMA dan prioritas
  11. Teknik-teknik I/O yang digunakan berbagai perangkat
  12. Format-format perintah pengontrol I/O
  13. Format-format status pengontrol I/O

     Sumber:
http://meylly93.blogspot.com/2013/02/pengertian-dan-tujuan-arsitektur.html#ixzz3UtDOtD00

http://pengertianapapun.blogspot.com/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html

 Kesimpulan
 Mata kuliah ini mempelajari tentang bagaimana cara kerja komponen-komponen komputer.   





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Tentaang Android Jelly Bean, Kit-kat Dan Lollypop

MAKALAH TENTANG MOBILE OS (OPERATING SYSTEM) ANDROID 4.1 SAMPAI 5.0 (JELLY BEAN,KIT-KAT, DAN LOLLYPOP) Dibuat untuk memenuhi tugas SISTEM OPERASI Di Susun Oleh ; DEVID HARIYANTO TI 3B 13.11.030 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) BINA PATRIA MAGELANG 2014 KATA PENGANTAR Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Puji syukur saya panjatkan kepada Allah S.W.T, dan pihak-pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu, dan dapat memenuhi tugas Sistem Operasi. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Operasi, tentang Mobile OS (Operating System), pada jaman sekarang ini telah banyak Mobile OS yang berkembang sangat cepat, seiring berkembangnya teknologi informasi di dunia saat ini, maka dari itu semua perusahaan pembuat OS Mobile pada saat ini, berlomba-lomba untuk sling menciptakan OS (Opera...

Coding Perjalanan Searah Sehingga Terjadi Penyusulan C++

#include<iostream.h> int main() {     int pdjm,mber,j1,j2,m1,m2,k1,k2;     int jt,mt,kt,peny,jarak,jam,jamber,brtmu,brtmm;         cout<<"orang 1"<<endl;         cout<<"masukkan jam:";         cin>>j1;         cout<<"masukkan menit:";         cin>>m1;         cout<<"masukkan kec m/s:";         cin>>k1;         cout<<"orang 2"<<endl;         cout<<"masukkan jam:";         cin>>j2;         cout<<"masukkan menit:";         cin>>m2;         cout<<"masukkan kec m/s:";   ...

MODUL 1 PERCOBAAN GERBANG LOGIKA

PENYELESAIAN : 1. RANGKAIAN LOGIKA DAN SIMULASI DENGAN MULTIMEDIA LOGIC 2. KESIMPULAN DARI MULTIMEDIA LOGIC DENGAN TABEL KEBENARAN        Y1 = ⌐ (A.B) SWITCH LED A B ON ON MATI ON OFF HIDUP OFF ON HIDUP OFF OFF HIDUP A B A.B Y1 = ⌐ (A.B) 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 0 1 0 0 0 1      Y2 = ⌐ A + ⌐ B   SWITCH LED A B ON ON MATI ON OFF HIDUP OFF ON HIDUP OFF OFF HIDUP A B ⌐ A ⌐ B Y2 = ⌐ A + ⌐ B...